CIDAUN'S BLOG


Asep Samudera, Sosok Penghijau Pesisir Cianjur

Gumuk pasir yang terbentuk di sempadan pantai telah menyelamatkan penduduk dari dampak hantaman ombak besar.

Kendati telah menyelamatkan penduduk, gumguk pasir yang membentang sepanjang 63,1 kilometer dari kecamatan Cidaun di sebelah timur dan Kecamatan Bojong Terong di Barat tetap dibiarkan terlantar.
Ancaman pengikisan gumuk oleh aliran sungai dan gerusan air laut tak ada yang mempedulikan. Gumuk itu hanya ditumbuhi semak belukar dan tanaman perdu.

Melihat keadaan tersebut Asep Samudera tergerak untuk menanami gumuk pasir dan sempadan pantai di pesisir selatan Cianjur. Juli 2008, kang Asep mulai menanami gumuk pasir dan sempadan pantai itu, mulai dari kecamatan Sindang Barang yang berada ditengah-tengah garis pantai menuju kearah Cidaun.

"Awalnya banyak orang yang berfikir saya kurang kerjaan sehingga mencari-cari kerjaan. Untuk apa menanami lahan pantai? buang-buang uang saja," katanya.

Namun, Kang Asep tidak patah arang oleh cibiran orang terkait upayanya menanami gumuk pasir tersebut. Dia terus menanami lahan terlantar itu sampai sepanjang 15 km dari tempatnya semula.
Jarak antara pohon 5meter hingga 10 meter. Di ruas tertentu, penanaman dilakukan hingga dua baris karena lebarnya gumuk pasir. Jumlah pohon yang sudah ditanam tak kurang dari 2000 batang, yang dibeli Kang Asep dari pusat pembibitan. Jenis tanaman yang ditanam adalah pohon Ketapang, karena pohon ini sangat kuat dan tahan dilahan pasir yang kering.

Pasir Besi
Hal itu cukup memberi jawaban bagi banyak orang yang mencibir upaya Kang Asep. Sebagian warga pesisir mulai bersimpati dengan gerakan yang dipelopori oleh Kang Asep. Apalagi, pada saat yang bersamaan sebagian warga sedang dihinggapi demam penggalian pasir besi dilahan pantai.

Mereka menampung pasir besi yang terbawa ombak meskipun tidak menggali gumuk pasir. Namun, jika tak diawasi, bisa-bisa gumuk pasir juga jadi sasaran. Untuk itu, Kang Asep yang mulai mendapat dukungan dari nelayan dan banyak warga itu juga mendekati para penambang untuk memberi penjelasan soal pentingnya menjaga lingkungan.

"Mereka mengerti dan bahkan bersedia menyisihkan Rp 1000,- per meter kubik pasir besi yang mereka peroleh untuk mendukung gerakan penanaman lahan pantai. Sempadan pantai yang sudah ditanami menjadi tanggung jawab para penambang. Jika pohon sampai mati, mereka bersedia tidak melakukan penambangan selama tiga bulan" kata Kang Asep.
Selama ini, para penambang memang belum memperoleh hasil kajian yang menyatakan bahwa kegiatan para penambang itu bisa merusak lingkungan. "Kalau memang sudah ada kajian, mereka bersedia berhenti," Katanya lagi.

Setelah berhasil menggulirkan gerakan penghijauan pesieir selatan Cianjur, Kang Asep berani memasang target untuk bisa mengajak lebih banyak orang lagi sehingga pesisir pantai selatan Cianjur sepanjang 63,1 kilometer seluruhnya bisa dihijaukan.






Next previous home
2 komentar:

Salah satu contoh pahlawan bangsa yang sesungguhnya..

Regard
Kingkong


Selamat, maju terus kang.


Posting Komentar

Posting Komentar

SERBA_SERBI [+ / -]

My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?

EMPUNYA BLOG INI [+/-]

EMPUNYA BLOG INI

Photobucket Leutik, hideung, culun... baek, rajin, suka dengan tantangan juga menyukai hal2 yg baru, pkokna etc we

>Seterusna mah>>>

My AWARD [+/-]

Photobucket
Cidaun's Blog Cidaun's Blog Cidaun's Blog
TUKERAN BANNER

Cidaun's Blog
LINK EXCHANGE

ikuti blog aku ya.....


Back to Top
Adsense Indonesia ! Feel free to look around. If you like what you read, mention us in your post or link to this site. Hope to see you again =Terima Kasih Atas Kunjungannya......=